Minggu, 25 Agustus 2013

Ekiben (駅 弁)

Ekiben adalah makanan yang dikemas di dalam kotak(Bento) yang dijual di stasiun dan di kereta api(Shinkansen) di seluruh jepang,dan ini sangatlah populer di Jepang..hingga banyak orang2 yang berharap untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta hanya untuk menikmati ekiben..
Makanan Highspeed:
kebanyakan orang menikmati ekiben di perjalanan menggunakan shinkansen yang memerlukan waktu perjalanan lebih dari 1 jam..atau kadang2 juga menikmati di kereta2 yang menyediakan tempat buat makan di tempat duduk nya..
di setiap stasiun shinkansen semua memiliki toko ekiben. Setiap stasiun memiliki spesialisasi lokal sendiri. Beberapa stasiun memiliki ekiben dengan merek yang sudah terkenal di seluruh Jepang.
Seberapa Tenar Ekiben??
acara2 TV di Jepang dipenuhi acara jalan2 dan makan2..untuk ekiben selalu di siarkan setidaknya 1 minggu sekali..
Di Jepang mempunyai pasukan penggemar Ekiben yang melakukan perjalanan keliling negara Jepang dan melaporkan apa yang mereka temukan di blog ekiben.Ada ratusan ekiben terkenal di negeri ini. Misalnya, Marunochi ekiben dari Stasiun Tokyo terkenal di Jepang.
Nama Marunouchi diberikan dilingkungan luar Stasiun Tokyo. Ini terinspirasi oleh makanan ringan yang dimakan selama istirahat dari pertunjukan kabuki di daerah (di-era Edo)
munculnya ekiben2 unik karena Di kerasnya kompetitif antar vendor ekiben mungkin menawarkan hidangan eksotis untuk menarik pelanggan. Misalnya, Ikameshi bento dari Mori Station di Hokkaido terdiri dari nasi yang di bungkus dengan cumi-cumi.

Ekiben kenang-kenangan

Ekiben lainnya telah menjadi terkenal karena kotak ekiben mereka. Ini datang dalam wadah yang dapat disimpan sebagai souvenir dari perjalanan Anda. Misalnya, Daruma Bento dari Takasaki datang dalam kotak plastik model untuk "keberuntungan" yang terinspirasi dari boneka biksu legendaris(daruma).

Hidup dengan Ekiben

Ekiben mempunyai harga yang terjangkau. Sebagian besar adalah harga antara 700 dan 1500 yen. untuk harga yang paling mahal beberapa ekiben harganya bisa mencapai ¥ 3.000.
dan kebanyakan Ekiben sering adalah santapan lezat dan sebanding dengan makanan kelas bisnis pada penerbangan(pesawat terbang).
lebih baik anda membeli ekiben di stasiun..walau di kereta sendiri ada menjual ekiben..tapi cepat sekali habisnya..

Etika Memakan Ekiben

setiap membeli Ekiben kita akan diberi kantong plastik..sehabis makan ekiben lebih baik kita memasukan kembali box ekiben kita ke kantong plastik dan mengikatnya dengan Kencang.hal ini agar aroma sisa makanan tidak menyebar dan mengganggu penumpang lain saat kamu taruh di atas tempat penyimpanan barang(bagasi kabin)..setelah hendak turun jangan lupa ambil sampah ekiben mu..di setiap stasiun kereta pasti disediakan tempat sampah untuk membuang kotak ekiben mu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar